Cara Membuat Daftar Isi di Excel 2003/2007

By | 25/07/2010

excel-daf Apakah anda memiliki lembar kerja (sheet) yang lebih dari 20 dalam sebuah workbook ? Jika ada, tentu saja akan membuat anda susahkan untuk berpindah antar sheet satu dengan sheet yang lainkan ? Nah untuk mempermudah perpindahan tersebut, kita dapat membuat sebuah daftar isi. Jadi untuk menuju sheet tertentu anda tinggal klik link yang ada pada daftar isi.

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut :
  1. Bukalah sebuah dokumen excel yang memiliki lembar kerja yang banyak. Lalu buat sebuah lembar kerja baru dan beri nama dengan Daftar Isi.
    Cara Membuat Daftar Isi di Excel 2003/2007

  2. Kemudian letakkan pointer di sel A1, ketikkan Daftar Isi. Lalu di sel A2 tekan tombol CTRL + K atau klik dari menu insert > Hyperlink untuk menampilkan kotak dialog Insert Hyperlink.
  3. Pada bagian Link to, pilih Place in This Document. Dibagian Cell Reference, pilih nama sheet (lembar kerja) yang ingin di link. Dan dibagian Text to display ketikkan teks yang akan ditampilkan pada daftar isi. 
    Cara Membuat Daftar Isi di Excel 2003/2007
  4. Ulangi langkah langkah-langkah diatas sampai selesai. 
    Cara Membuat Daftar Isi di Excel 2003/2007
  5. Jika anda ingin menuju pada sel tertentu dalam sebuah sheet, disaat menambahkan hyperlink teks dengan tulisan A1 dapat diubah ke sel yang lain, misalnya ke sel A100
    Cara Membuat Daftar Isi di Excel 2003/2007
  6. Untuk mempercantik daftar isi, dapat anda berikan style melalui auto format dan gambar. Hyperlink juga dapat diberikan pada gambar. 
    excel-daf05
  7. Untuk menghapus atau mengedit hyperlink, anda tinggal klik kanan pada teks di daftar isi dan pilih Remove Hyperlink atau Edit Hyperlink.

5 thoughts on “Cara Membuat Daftar Isi di Excel 2003/2007

  1. azwar

    terimakasih banyak tips nya
    saya ingin sedikit bertanya bagaimana jika kita ingin tampilkan satu sheet daftar isi saja dan sheet2 lainnya kita hidden tapi link nya harus tetap jalan
    terimakasih atas jawabannya

    Reply
  2. wahyudi

    dear mas oki, saya mempunyai permasalahan, kali ja bisa bantu, saya mempunyai 3 kolom, kolom I dgn isi kolom diameter besi yg digunakan, kolom II panjang total besi yg dibutuhkan, sedang kolom III terdapat kolom diameter besi D12,D13, D16, D19, D22 dst, saya bermaksud, ketika saya isi diameter besi di kolom I, saya harapkan bs langsung terisi dikolom ke-III, jumlah besi yg dibutuhkan, kolom ke-II adalah jumlah pembagi dr besi yg dibutuhkan, misal yang dibutuhkan total panjang 47m, jd 47/12=3.916 dibulatkan menjadi 4 lonjor pada isian kolom III,disini sdh sy coba kutak kutik dengan sumif, vlookup, roundap tp blm ketemu jg n selalu salah,
    mohon bantuan, semoga pengetahuan mas oki selalu bertambah, amin

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *