All for Joomla All for Webmasters

Bagaimana Cara Menguji Power Supply Komputer ?

Untuk menguji power supply komputer kita masih berfungsi dengan baik atau tidak haruslah memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Apakah kabel daya sudah terpasang ke sumber listrik dengan baik ?
  • Apakah outlet listrik yang kita gunakan hidup ?
  • Apakah tegangan listrik yang digunakan sudah benar sesuai dengan PSU ? Yang harus kita perhatikan bahwa tegangan listrik untuk daerah indonesia menggunakan 220 Volt, apakah PSU juga mendukung tegangan yang benar ?
  • Pastikan semua kabel power terpasang dengan benar ke Motherboard, Panel Indikator, dan ke Hardware lainnya.

Nah jika hal diatas sudah diperhatikan, kita bisa memastikan seharusnya tidak ada permasalahan dengan PSU. Jika power supply masih mengalami kendala, coba dilepas PSU dari motherboard. Berarti kita akan menguji PSU dengan cara manual.

Bagaimana Cara Menguji Power Supply Komputer ?

Caranya mudah, perhatikan konektor ATX yang berjumlah 20 pin pada PSU. Kita cari pin yang bernomor 14 dan 15 dari konektor tersebut (pin 14 warna kabelnya Hijau). Karena pin 14 merupakan PS ON bagi PSU berjenis ATX. Kemudian gabungkan kedua pin tersebut dengan menggunakan kawat atau yang sejenisnya. Jika PSU hidup, berarti Power supply kita tidak mengalami kerusakan. Berarti kerusakan bukan pada Power Supply Unit kita. Jika anda menggunakan PSU yang 24 Pin, gabungkanlah pin nomor 15 dan 16. Atau bisa juga anda gabungkan kabel berwarna hijau dengan berwarna hitam.

I’m Teacher Vocational School. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the Development of Computer Education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *