All for Joomla All for Webmasters

Cara Memperbaiki Kerusakan komputer dengan Beeping BIOS Code

help-centerSuatu ketika komputer akan mengalami kerusakan yang mungkin tidak terduga. Setiap komputer saat ini sudah dilengkapi petunjuk untuk mengatasi kerusakan. Petunjuk yang diberikan kepada kita sebagai pengguna dapat berupa tulisan maupun suara. Jadi setiap kita sebenarnya mampu memperbaiki problem ringan yang ada pada komputer. Hal yang paling sering dihadapi adalah karena masalah dengan hardware.

Untuk itu saya mengajak pembaca untuk menjadi teknisi komputer sebelum benar-benar menyerah dengan kerusakan yang dihadapi. BIOS biasanya akan menyampaikan pesan bunyi ‘bip’ kepada kita ketika saat menghidupkan komputer. Jika Anda dengarkan dengan cermat, Anda akan mendapatkan pola bunyi yang teratur. Pola tersebut sebenarnya merupakan pesan yang disampaikan kepada kita. Baik itu pola bunyi yang menyatakan kerusakan maupun tidak.

Biasanya komputer normal saat melakukan start up atau booting, akan berbunyi 1 ‘bip’. Pesan ini memberitahukan kepada kita bahwa hardware bekerja dengan baik dan komputer berjalan normal. Jika terdengar bunyi yang lain dan tampilan pada layar monitor tidak muncul, berarti komputer anda memiliki masalah. Untuk membantu anda mengenali masalah tersebut, kita dapat menggunakan sebuah utiliti yang disebut Beeping BIOS Code.

Beeping Bios Code adalah utilitas yang dibuat oleh Brad G, untuk membantu mengenali makna Bunyi untuk berbagai motherboard dan juga memberi tahu Anda apa yang salah dengan komputer Anda dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

beeping_bios_codes

Sebelum menggunakan utiliti ini, kita hanya cukup mengetahui Merk BIOS yang digunakan pada motherboard anda. Selanjutnya kita tinggal memilih referensi berdasarkan jenis BIOS yang digunakan.

I’m Teacher Vocational School. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the Development of Computer Education.

4 Comments

  1. Sinau Komputer

    12/04/2017 at 13:31

    apakah semua motherboard bisa gan ? Wah penting sekali yah, kita jadi bisa tahu kerusakan komputer hanya dengan cara mendengarkan suara beep nya. Good artikel bos,..

  2. Sinau Komputer

    13/04/2017 at 12:53

    Oh gitu ya gan, waah komputer saya motherboardnya apa yah,.. kayanya gak terkenal sih,..ok2 sip tengkyu

    • Oki Helfiska

      13/04/2017 at 21:35

      Cara lihatnya mudah kok bro, jalankan run terus ketik msinfo32, trus tekan enter, Informasi biosnya akan terlihat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *