All for Joomla All for Webmasters

Inilah Keunggulan Hard Disk SATA dibandingkan PATA

Banyak juga yang bertanya kepada saya, Apa sih Keunggulan Hard Disk SATA dibandingkan PATA? Ini merupakan pertanyaan yang sangat bagus menurut saya. Kenapa kita harus menggunakan Hard Disk SATA jika dinilai tidak memiliki kelebihan ?

Nah mau tau kelebihan dan kekurangan diantara kedua tipe hard disk ini ? Simak ulasan berikut ini.

KELEBIHAN

  1. Peningkatan Kecepatan Transfer Data
    Yang menjadi keunggulan utama dari hard disk SATA ketimbang PATA adalah adanya peningkatan kecepatan transfer pada HDD SATA. PATA memiliki kecepatan transfer 66/100/133 Mb/second. Sedangkan SATA 150/300/600 Mb/second. Jika menggunakan SATA yang paling lambat saja masih lebih kencang dibandingkan PATA.
    Dengan perbedaan kecepatan ini, memungkinkan kita untuk meng-copy data yang besar cepat selesai, menjalankan games tidak patah-patah dan menjalankan aplikasi yang besar terasa cepat.
  2. Manajemen Kabel mudah dan Panjang
    Kabel data yang dimiliki SATA berukuran kecil, sehingga bisa ditata sedemikian rupa agar kelihatan tidak sumpek. Selain itu panjang kabel data yang digunakan SATA bisa mencapai 1 meter, sedangkan PATA hanya 18 inchi.
  3. Meningkatkan Sirkulasi Udara
    Karena ukurannya yang kecil, kabel SATA tidak menghalangi sirkulasi udara di dalam chasing.
  4. Mendukung banyak Drive
    Maksudnya adalah, dukungan pemasangan SATA pada  motherboard komputer, yang memungkinkan untuk dipasangkan 4 sampai 6 drive bahkan lebih. Sedangkan PATA hanya ada dua PATA koneksi pada motherboard komputer yang mendukung total empat hard drive PATA.
  5. Hot Swappable
    Hard Disk SATA mendukung kemampuan Hot Swappable, yaitu kemampuan untuk melepas atau tersambung dengan komputer dalam keadaan komputer tersebut sedang hidup. (Mirip Flash Disk)

KEKURANGAN

  1. Driver dan Instalasi
    Kekurangan menggunakan Hard Disk SATA ini adalah bahwa tidak semua Sistem Operasi sudah mampu mengenalnya, misalnya Windows 95 dan 98. Selain itu SATA ini membutuhkan driver khusus ketika melakukan Instalasi, contohnya pada Windows XP.
    Tetapi beberapa produsen komputer sudah ada yang menyesuaikannya dengan PATA, hanya saja akan mematikan fungsi dari SATA.
  2. Satu Kabel per Drive
    Kelemahan lain dari SATA, kabel data hanya bisa untuk satu hard drive SATA, sedangkan kabel PATA bisa dua hard disk PATA per kabel.

Nah mau pilih Hard Disk yang mana ?

I’m Teacher Vocational School. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the Development of Computer Education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *