All for Joomla All for Webmasters

Mengenal Tata Letak Tombol Keyboard

QWERTY keyboard
Biasa juga disebut dengan nama Sholes keyboard, QWERTY keyboard pertama kali diperkenalkan oleh Christopher Sholes pada tahun 1868. Penamaan Keyboard QWERTY diambil berdasarkan letak tombol yang bertuliskan QWERTY diletakkan satu baris pada bagian kiri atas pada keyboard. Jenis keyboard ini sangat banyak digunakan termasuk Indonesia.

key-qwerty


Dvorak keyboard
Keyboard ini mulai dikenal sejak tahun 1936, yang mempunyai ciri-ciri bahwa semua huruf vokal dan tanda baca disusun menjadi satu tempat pada sisi sebelah kiri dari keyboard. Jenis ini muncul karena menyesuaikan sebagai user lebih cenderung banyak menggunakan hurup vokal daripada konsonan.

key-dvorak

Azerty keyboard
Jenis keyboard ini banyak digunakan oleh Negara Prancis. Tombol keyboard a, z, e, r, t, dan y dikelompokkan menjadi satu tempat pada posisi sebelah kiri. Keyboard ini dibuat berguna untuk memudahkan user dari negara prancis dalam pengetikan.

key-azerty

Qwertz keyboard
Keyboard jenis ini dikhususkan buat Negara Jerman, karena mereka lebih sering menggunakan Tombol Z dari pada Y. Makanya tombol Q, W, E, R, T, dan Z diletakkan dalam satu kelompok.

key-qwertz

I’m Teacher Vocational School. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the Development of Computer Education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *