Cara Membatasi Penggunaan Aplikasi Pada Windows 7

Cara Membatasi Penggunaan Aplikasi Pada Windows 7. Pernahkah anda menggunakan komputer public atau biasa disebut dengan KIOSK ? Kiosk adalah komputer yang digunakan untuk menyampaikan informasi ke publik untuk tujuan tertentu. Kiosk ini banyak dijumpai pada bandara, pusat informasi, pustaka, dll. Sebuah komputer kiosk, biasanya dibatasi penggunaan aplikasinya. Artinya, hanya aplikasi yang banyak dipergunakanlah yang dapat dijalankan.

Untuk membatasi penggunan Aplikasi pada Windows 7 dapat dilakukan dengan mudah. Hal yang kita lakukan adalah memberikan akses penuh hanya terhadap aplikasi yg boleh digunakan saja. Jadi bukan memblokirnya. Tapi yang perlu diketahui, bahwa artikel ini hanya dapat dilakukan pada Windows 7 Professional atau versi yang lebih tinggi.


Bagaimana Cara Membatasi Penggunaan Aplikasi Pada Windows 7 ? Langsung saja kita coba.

1. Ketikkan gpedit.msc pada menu search. Lalu tekan enter. Akan muncul gambar seperti dibawah ini :

win7-kiosk-01

2. Lalu cari opsi User Configuration \ Administrative Templates \ System. Dan double klik pada Run only specified Windows applications.

win7-kiosk-02

3. Kemudian pilih Enabled, dan klik tombol Show pada List of allowed applications.

win7-kiosk-03

4. Lalu muncul dialog untuk menuliskan nama aplikasi yang. Tulislah nama aplikasi yang diperbolehkan untuk dijalankan pada Windows anda.

win7-kiosk-04

5. Jika sudah ditulis, klik tombol OK.

Sekarang coba jalankan aplikasi yang tidak masuk kedalam daftar diatas. Hasilnya akan menampilkan pesan seperti gambar dibawah ini :

win7-kiosk-07

Cara Membatasi Penggunaan Aplikasi Pada Windows 7
Written by: Oki Helfiska
Rating: 5
I'm Teacher Vocational School in SMK Labor Pekanbaru. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the development of computer education.

Share This Post

Related Articles

One Response to “Cara Membatasi Penggunaan Aplikasi Pada Windows 7”

  1. compaq says:

    mas gimana cara mendisablenya lagi?
    saya tidak bisa buka kembali gpedit.msc, mmc.exe pun tidak bisa

Leave a Reply

Powered by WordPress · Powered by SEO