Cara Membuat Partisi pada Flash Disk

Tahukah anda bahwa sebuah Flash Disk bisa dibuat banyak partisi layaknya sebuah Hard Disk ? Secara Default Windows memang tidak mengijinkan pengguna untuk membuat partisi pada removable media seperti Flash Disk. Menyimpan data pada partisi terpisah jauh lebih aman dibandingkan hanya menyimpan pada satu partisi saja. Karena jika satu partisi rusak, tidak akan mengganggu partisi yang lainnya. Untuk itu bisa dilakukan juga pada Flash Disk.

Untuk melakukan itu kita membutuhkan sedikit perubahan pada Flash Disk dari Removable Disk menjadi Fixed Disk dengan bantuan freeware Lexar BootIt. Proses kerja dari software ini sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :


1. Download Lexar BootIt dari link ini (Direct Download). Lalu extrack filenya.

2. Jalankan file, kemudian pilih alamat USB Drive dari daftar Devices, contohnya drive I:. Kemudian klik tombol Flip Removable Bit. Tunggu sampai proses selesai. Lalu eject dan masukkan kembali Flash Disk.

lexar boot it

3. Jalankan Disk Management Utility dengan cara Klik RUN, lalu ketikkan diskmgmt.msc dan tekan ENTER / OK.

4. Klik kanan pada Flash Disk, lalu pilih Delete Partition.

5. Klik Kanan lagi pada Flash Disk, dan pilih New Partition…. Kemudian ikuti wizardnya. Dan jangan lupa diformat agar Flash Disk bisa digunakan.

PERINGATAN : Penggunaan software ini akan menyebakan kehilangan data pada Flash Disk, jadi lakukan backup sebelum memulainya. Penulis tidak ikut bertanggungjawab jika terjadi kerusakan pada Flash Disk.

Cara Membuat Partisi pada Flash Disk
Written by: Oki Helfiska
Rating: 5
I'm Teacher Vocational School in SMK Labor Pekanbaru. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the development of computer education.

Share This Post

Related Articles

3 Responses to “Cara Membuat Partisi pada Flash Disk”

  1. alex says:

    ga bisa boss…sy coba beberapa kali ..infonya:please reinsert for change to take effect…begitu terus infonya gan..mohon pencerahan..thanks

  2. [...] Kemudian ikuti wizardnya. Dan jangan lupa diformat agar Flash Disk bisa digunakan. sumber : http://www.belajarpc.info Like this:LikeBe the first to like this [...]

  3. Wihhhhh…. Ternyata FD bisa dipartisi ya… Baru tau…
    Bookmark ahhh… Sapa tau ntar butuh… :)

    Salam,
    Hansen Muaja

Leave a Reply

Powered by WordPress · Powered by SEO