Membuat Web Server pada Windows XP dengan IIS

iis_logo Internet Information Services atau yang lebih populer disebut IIS adalah sebuah Web Server yang include dengan Windows XP. IIS pada windows XP merupakan pilihan yang tepat untuk menguji Microsoft web application seperti ASP (Active Server Page) dan .Net. Tetapi dapat juga diintegrasikan dengan Bahasa Web Programing terkenal lainnya seperti PHP.

Bagi pengembang dan yang mau belajar membuat Website, tentu saja sering menggunakan IIS sebagai Web server lokal sebelum mempublikasikannya ke publik. Walaupun banyak aplikasi yang serupa, IIS adalah pilihan utama jika ingin mengembangkan apliasi berbasis web dengan menggunakan bahasa ASP atau .net.

Secara default, IIS belum di instal pada Windows XP. Untuk melakukan installasinya kita hanya membutuhkan cd installer Windows XP.


Bagaimana cara menginstalkannya ?

Untuk melakukan instalasi IIS pada windows XP, cara yang paling mudah adalah :

1. Masukkan CD Installer Windows XP kedalam CD Drive. Kemudian autorun akan menampilkan Tampilan Welcome to Microsoft Windows XP.

iis-addon-windows

2. Lalu pilih Menu “Install optional Windows Components”. Lalu wizardnya akan membimbing kita untuk melakukan instalasi.

3. Pilih Paket komponen “Internet Information Services (IIS), lalu klik tombol Next.

iis-windows-xp

4. Tunggu proses instalasi selesai, lalu klik tombol Finish.

Berikutnya adalah melakukan konfigurasi pada IIS yang sudah terinstall. Silahkan masuk ke Control Panel > Administrative Tools. Klik “Internet Information Services” untuk membuka jendela IIS manager.

iis-admin

5. Pada IIS window akan terlihat nama computer, dan dibawahnya terdapat folder “Web Sites” dan didalamnya ada tulisan “Default Web Site”.

iis-default

6. Untuk menambahkan file kedalam web folder, silahkan buka folder C:\Inetpub\wwwroot (di asumsikan IIS diinstal pada drive C). Buatlah sebuah file dengan nama “index.htm” dan simpan kedalam folder tersebut. (Semua file yang berhubungan dengan web, harus disimpan dalam folder wwwroot).

iis-index-page

7. Kemudian jalankan web browser untuk menguji apakah IIS sudah berjalan. Ketikkan pada addres bar http://localhost. Jika masih belum muncul coba ketikkan dengan menambahkan nama file, http://localhost/index.htm.

iis-sample-page

Membuat Web Server pada Windows XP dengan IIS
Written by: Oki Helfiska
Rating: 5
I'm Teacher Vocational School in SMK Labor Pekanbaru. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the development of computer education.

Share This Post

Related Articles

9 Responses to “Membuat Web Server pada Windows XP dengan IIS”

  1. oprekkompi says:

    mas, ada tutorial tentang windows server gak ??? mulai dari IIS, Activedirectory, dll ntar kalo ada kasih tau ea, saya lagi belajar jaringan nich….

  2. oprekkompi says:

    kalau dah posting infokan saja lewat email mas, bisi lupa, !!!
    mksh.

  3. Erik rusbiantara says:

    slm knal mas..
    oya saya mau nanya mas..masalah localhost di xp..
    ketika saya mengetikan localhost/nama folder/nama file dibrowser,knp browser muncul perintah memasukan password dilocalhost?? apa ada setingan IIS xp lainnya mas??
    mohon pencerahanya mas..
    thankz before…

  4. opoel says:

    thanks atas infonya.

  5. andi says:

    terimah kasih infonya mas,sangat bermamfaat sekali

  6. La backpack says:

    Thanks Banget Infonya ya :)

Leave a Reply

Powered by WordPress · Powered by SEO