Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

By | 28/04/2010

dhcp Menurut Microsoft “Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) is an IP standard designed to reduce the complexity of administering IP address configurations.” Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah suatu layanan yang secara otomatis memberikan alamat IP kepada komputer yang meminta ke DHCP Server. Dengan demikian, sebagai seorang administrator jaringan, tidak perlu lagi mengatur alamat IP Address pada komputer klien yang dikelolanya. Bayangkan saja jika sebuah perusahaan memiliki komputer lebih dari 100, tentu saja akan membuat report administrator untuk mengesetnya. DHCP juga dapat mengurangi resiko duplikat IP Address atau Invalid IP address.

Sebuah server DHCP dapat diatur dengan pengaturan yang sesuai untuk keperluan jaringan tertentu. Seperti pengaturan Default gateway, Domain Name System (DNS), Subnet Mask, dan rentang alamat IP yang bisa diambil oleh komputer klien. Komputer yang menyediakan layanan ini disebut dengan DHCP Server, sedangkan komputer yang meminta disebut dengan DHCP Client.


DHCP Server menerima permintaan dari sebuah host/client. Server kemudian memberikan alamat IP dari satu set alamat standar yang disimpan dalam database. Setelah informasi alamat IP dipilih, server DHCP menawarkan ke host yang meminta pada jaringan. Jika host menerima tawaran tersebut, maka IP akan disewa untuk jangka waktu tertentu, bisa dalam menit, dalam jam ataupun hari.

Jika komputer klien tidak dapat berkomunikasi dengan Server DHCP untuk mendapatkan alamat IP, sistem operasi Windows secara otomatis akan memberikan alamat IP pribadi (Private IP Address), yaitu dengan IP 169.254.0.0 sampai 169.254.255.255. Fitur sistem operasi ini disebut Automatic Private IP Addressing (APIPA). APIPA secara terus menerus akan meminta alamat IP dari server DHCP untuk komputer klien anda.

Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

7 thoughts on “Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

  1. Pingback: Pengertian DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) – GRATBLOG LAGI

  2. winda paraswati

    emmm,
    mudah dmengerti..
    kalau bsa bhasa yg lain jg …
    =)

    Reply
  3. tyou

    cara instalasinya gmn?
    bri tau scara trperinci dung dngan 3 client aj.
    itupun klo g kberatan.

    Reply
  4. Pingback: SERVER « saryhalim

  5. Pingback: Dhcp « marcharis

  6. afif

    wah masih perlu banyak belajar ni gan
    infonya manfaat beud gan
    tank’s for info

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *