Remote Desktop Komputer dengan Remote Desktop Connection

rdc Salah satu keuntungan menggunakan Remote Control adalah kita dapat melakukan sebuah pekerjaan dari jarak jauh, tanpa harus berada didepan peralatan yang ingin dikerjakan. Begitu juga dengan Komputer. Kita dapat melakukan remote computer dari jauh komputer yang kita miliki. Penggunaan remote computer ini banyak digunakan pada jaringan LAN di perkantoran. Sebenarnya apa manfaat yang bisa kita ambil ?

Menurut saya dari pengalaman yang saya rasakan bahwa remote computer ini dapat memudahkan kita melakukan konfigurasi ataupun menyelesaikan pekerjaan seperti layaknya kita berada langsung di depan komputer, tanpa harus langsung datang ke komputer tersebut. Karena tampilan yang muncul didepan layar mirip persis dengan aslinya (GUI). Nah menurut anda bagaimana ? Silahkan dicoba dahulu jika belum pernah melakukannya.


Persiapan melakukan Remote Desktop

Untuk melakukan remote desktop kita membutuhkan 2 (dua) buah PC. PC 1 akan kita jadikan sebagai target, sedangkan PC 2 adalah tempat kita melakukan remote. Masing-masing PC harus sudah terinstal minimal Windows XP Professional dan terkoneksi dalam jaringan. Jika anda menggunakan OS Windows versi dibawahnya (Windows 98, Me, 2000) harus download dahulu aplikasi tambahannya dari Microsoft.

Pada PC 1, pastikan bahwa user yang ada telah diberi password. Karena untuk melakukan hal ini dibutuhkan otorisasi berupa password.

Setelah itu klik kanan pada Icon My Computer, lalu pilih Properties.

rdc01

Kemudian pilih tab Remote, dan cari bagian Remote Desktop. Aktifkan tanda centang pada box Allow users to connect remotely to this computer. Lalu klik tombol OK.

rdc02

Kita menuju pada PC 2. Bukalah aplikasi Remote Desktop Connection dari menu Start > All Programs > Accessories > Remote Desktop Connection.

rdc03

Akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

rdc04

Kemudian masukkan IP dari PC 1, misalnya 192.168.1.121. selain IP kita juga dapat memasukkan nama Komputer seperti yang terlihat pada gambar diatas (dlm lingkaran biru), seperti ironman. Lalu Klik tombol Connect.

rdc05 

Jika berhasil, kita akan melihat layar seperti dibawah ini :

rdc06

Masukkan Username dan Password pada PC 1. Jika benar maka anda akan dapat bekerja dengan komputer tersebut.

rdc07 

Semoga Bermanfaat !

Remote Desktop Komputer dengan Remote Desktop Connection
Written by: Oki Helfiska
Rating: 5
I'm Teacher Vocational School in SMK Labor Pekanbaru. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the development of computer education.

Share This Post

Related Articles

13 Responses to “Remote Desktop Komputer dengan Remote Desktop Connection”

  1. Brian says:

    Mohon pencerahanya dari agan” smua.
    Misalkan saya rempte ke komputer server trus data yang ada disana mau saya print menggunakan printer saya di sini, itu bagaimana caranya ya supaya bisa…? cz setiap kali ngeprint malah ke print menggunakan printer yang ada diserver

Leave a Reply

Powered by WordPress · Powered by SEO