Tip Mencari Data di Google

google-logo Siapa yang belum mengenal Google ? Wah sudah keterlaluan tuh yang belum mengenal nama ini. Sebenarnya ada apa dibalik nama google? Rasanya sudah tidak bisa diragukan lagi, bahwa google sebagai sebuah mesin pencari (search engine) memang memiliki kehandalan tersendiri dibanding para kompetitornya. Banyak sekali rahasia-rahasia tersembunyi dibalik halaman sederhana mesin pencari google. Mungkin fitur yang paling banyak digunakan oleh orang adalah memanfaatkan fasilitas Search Engine-nya.

Seberapa bisakah kita memanfaatkan google untuk mencari data ? Silahkan anda menilai diri sendiri :) . Secara umum, jenis pencarian di Google terbagi dua mode : Basic Search dan Advanced Search. Basic Search merupakan fasilitas fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan. Untuk Advanced Search merupakan fasilitas pencarian yang lebih mendalam lagi.


Untuk mempermudah mempelajarinya, saya akan mengelompokkan fitur ini menjadi dua. Bila nantinya masih terdapat kekurangan, bisa kirim komentar untuk menyempurnakan artikel ini :

FITUR PENCARIAN DASAR

  1. Menggunakan operator AND : Mencari informasi yang mengandung kedua atau lebih kata-kata yang dicari. Cara penulisan yang bisa dilakukan adalah seperti dibawah ini dan memiliki arti yang sama.
    tutorial linux 
    tutorial AND linux
    tutorial+linux 
    googleand

  2. Menggunakan operator OR : Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua contoh berikut :
    windows OR linux
    windows | linux 
    googleor

  3. Menggunakan FRASE : Digunakan untuk mencari informasi yang mengandung frase dari sebuah kata/kalimat. Untuk menggunakannya cukup menambahkan tanda “ ” diantara teks. Contoh:
    perangkat keras” 
    googlefrase

  4. Menggunakan Operator NOT : Digunakan untuk mencari informasi tanpa menggunakan kata tertentu. Jadi hasil pencarian yang akan diproses adalah kata yang di depan, buka dibelakang minus (-). Contoh penggunaan, kita akan mencari informasi yang mengandung kata install windows tapi bukan XP.
    install windows XP 
    googlenot

  5. SYNONYM (~): Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya atau kata yang searti. Contoh di bawah akan membawa hasil pencarian : komputer dan sinonim-sinonimnya.
    ~komputer

    googlesinonim

  6. ASTERIK (*): Simbol (*) digunakan untuk mencari semua kata. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat bisa: Instalasi SQL Server, Instalasi Proxy Server, Instalasi VMware Server, dll :
    Instalasi * Server 
    googleasterik

  7. TANDA TITIK (.): Tanda dot (.) digunakan untuk mencari karakter pengganti huruf, angka dan karakter tunggal ataupun non tunggal. Kalo dilihat contoh di bawah, hasil yang didapat bisa dari pencarian .tube : youtube, bee-tube, dll
    .tube

  8. CASE INSENSITIVE : Pencarian di Google tidak mengenal huruf kapital dan non kapital, jadi Google menganggap semua cara penulisan dengan kata yang sama akan menghasilkan yang sama pula. Sebagai contoh, pc guru, Pc Guru, PC Guru, PC GURU, pC gURU, Pc GuRu, dll akan membawa hasil pencarian yang sama.

  9. PENGABAIAN KATA: Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut: a, about, an, and, are, as, at, b, by, from, how, i , in, is, it, of, on, or, that, the, this, to, we, what, when, where, which, with. Apabila kita masih tetap menginginkan pencarian dengan menggunakan kata tersebut, silahkan tambah karakter + atau “ “.

  10. I’M FEELING LUCKY / SAYA LAGI BERUNTUNG : Fitur ini akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama dari query yang dituju.

FITUR PENCARIAN LANJUT

  1. DEFINE: Mencari definisi dari sebuah kata atau terminologi. Jika kita coba menggunakan fitur tersebut, misalnya mencari definisi dari blogger, hasilnya nanti akan menampilkan definisi blogger dari berbagai sumber.
    define:blogger

  2. CACHE: Google mengambil snapshot dari tiap halaman yang diuji ketika menjaring web dan menyimpannya sebagai cadangan jika halaman aslinya tidak tersedia. Jadi andapun akan mengetahui kapan halaman anda terindex oleh mesin google. Contoh di bawah akan menghasilkan pencarian kata linux pada situs pcguru.okihelfiska.net yang ada di indeks Google.
    cache:pcguru.okihelfiska.net linux

  3. LINK: Berguna untuk menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs tertentu. Contoh di bawah akan menampilkan daftar link yang mengarah ke situs pcguru.okihelfiska.net
    link:pcguru.okihelfiska.net

  4. RELATED: Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs
    related:pcguru.okihelfiska.net

  5. INFO: Menampilkan informasi yang Google ketahui tentang sebuah situs
    info:pcguru.okihelfiska.net

  6. SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk alamatnya. Misalnya kita akan mencari kata linux di situs pcguru.okihelfiska.net
    linux site:pcguru.okihelfiska.net

  7. FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian untuk suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang bisa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, dll. Contoh di bawah akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung keyword modul internet
    modul internet filetype:pdf

  8. ALLINTITLE: Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title tutorial photoshop. allintitle ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan intitle untuk keperluan itu.
    allintitle:tutorial photoshop

  9. INTITLE: Menampilkan satu kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh di bawah akan menghasilkan halaman yang memiliki title tutorial dan isi halaman yang mengandung kata photoshop
    intitle:tutorial photoshop

  10. ALLINURL: Menampilkan seluruh kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata tutorial dan photoshop. allinurl ini tidak dapat digabungkan dengan operator (sintaks) lain. Gunakan inurl untuk keperluan itu.
    allinurl:tutorial photoshop

  11. INURL:  Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL. Contoh di bawah akan menghasilkan daftar URL yang mengandung kata web dan isi halaman yang mengandung kata programming
    inurl:web programming

Untuk memaksimalkan hasil pencarian, anda dapat menggabungkan semua fitur pencarian yang ada pada google, kecuali beberapa fitur yang tidak bisa digabungkan dengan fitur lain.

Sebagai contoh penulisan :

filetype:doc site:www.ri.go.id –peraturan

Artinya kita melakukan pencarian file dengan type .doc pada situs www.ri.go.id tanpa mengikutkan kata peraturan.

Referensi :

Tip Mencari Data di Google
Written by: Oki Helfiska
Rating: 5
I'm Teacher Vocational School in SMK Labor Pekanbaru. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the development of computer education.

Share This Post

Related Articles

One Response to “Tip Mencari Data di Google”

Leave a Reply

Powered by WordPress · Powered by SEO