Mengenal Macromedia Director

Macromedia Director Apakah anda sudah pernah mendengar Aplikasi yang disebut Macromedia Director ? Macromedia Director saat ini telah mencapai versi terbarunya, yaitu Adobe Director 11. Sebenarnya apa Director itu ? Macromedia Director adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat self-contained atau program yang dapat berjalan sendiri. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media presentasi maupun sebagai Media Interaktif untuk Membuat CD Interaktif. Director ini juga dapat digunakan untuk menciptakan konten halaman web dalam bentuk Shockwave.


Uniknya director ini menjadikan perancang layaknya seorang sutradara dalam sebuah film. Para pemain ataupun materi/media bisa dianggap sebagai Cast. Semua aksi dan pergerakan Cast diatur dalam Stage yang diatur dalam alur cerita atau timeline. Sutradara juga dapat mengambil atau mengikutsertakan Cast dari pemain-pemain yang berbeda karakter seperti Photoshop, 3D Studio Max, Audio File seperti MP3 dan WAV, Video File seperti AVI, MPG, MOV dan Flash. Dengan Director ini, tentu saja kita dapat menggabungkan sumber daya yang ada, menjadi sebuah media yang interaktif. Director ini juga dapat dipaketkan menjadi sebuah aplikasi yang bisa dijalankan melalui CD ROM.

Tak kenal maka Tak Sayang, untuk mampu menggunakan Macromedia Director, tentu saja kita harus mengenal Interface dari director ini. Bagi yang ingin mempelajari Director, mari kita lihat dulu Interfacenya.

Interface Macromedia Director

interface

Tampilan Macromedia Director MX 2004 (versi 10)

Keterangan :

  1. Stage : Tampilan Utama untuk menampilkan hasil tata letak objek pada frame tertentu.
  2. Score : Untuk mengatur urutan objek yang akan tampil seperti storyboard dan storyline. Disini kita dapat menampilkan mana yang lebih dulu, dan mana yang tampil belakangan.
  3. Cast Member : untuk menampung semua jenis objek yang akan dipakai dalam director. Satu objek dapat digunakan beberapa kali dalam penampilan, untuk menghemat besarnya hasil media.
  4. Panel Property Inspector : untuk mengatur parameter yang ada pada objek. Setiap objek mempunyai pengaturan sendiri.
  5. Sprite Channel : untuk mengatur layer atau urutan penempatan objek seperti pada photoshop.

 

score

Tampilan Score

Hardware yang dibutuhkan

Untuk menjalankan Macromedia Director MX, kita tidak perlu menyiapkan komputer yang high-end.

  • Processor : Pentium II
  • RAM : 64 MB
  • Sistem Operasi : Windows 2000 Professional

Dengan perkembangan zaman saat ini tidak akan menjadi kendala bagi kita untuk mencobanya.

Mengenal Macromedia Director
Written by: Oki Helfiska
Rating: 5
I'm Teacher Vocational School in SMK Labor Pekanbaru. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the development of computer education.

Share This Post

Related Articles

14 Responses to “Mengenal Macromedia Director”

  1. bengky jasuma says:

    macromedia director ini bisa buat game gk???

Leave a Reply

Powered by WordPress · Powered by SEO