Persiapan Membuat CD Interaktif

By | 09/10/2010

cd-interaktif CD Interaktif merupakan Aplikasi yang dikhususkan untuk menyampaikan suatu materi belajar secara Interaktif melalui CD. CD Interaktif ini dapat membantu kita untuk belajar tanpa bantuan guru. Artinya dengan ada CD Interaktif ini, proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja ketika memasukkan CD ke dalam CD-ROM Drive.

Agar proses pembuatan CD Interaktif ini mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kita melakukan beberapa tahapan, yaitu :


1. Tahap Persiapan awal sebelum merancang CD Interaktif, kita harus menentukan materi yang akan disampaikan, kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membangun CD Interaktif ini, siapa pemakai media ini ?

2. Tahap Desain. Seperti apa rancangan desain visual yang mudah dipahami oleh sasaran. Tahap ini juga menganalisis tampilan agar materi yang akan dimuat dapat mudah diterima oleh sasaran. Hal ini diusahakan untuk membuat storyboard agar semua rencana tertata rapi.

3. Tahap Pengembangan. Disini kita akan menentukan aplikasi apa yang digunakan untuk melakukan pengembangan CD Interaktif. Tahapan ini membutuhkan  pengetahuan khusus tentang aplikasi-aplikasi yang populer dan familiar bagi pengembang, seperti Macromedia Director, authorware, Captivate, Flash, dll.

4. Tahap Evaluasi. Tahapan ini kita harus melakukan sosialisasi dan evaluasi terhadap hasil pembuatan CD Interaktif. Dengan hal ini tentu saja akan membantu penyempurnaan terhadap hasil yang didapat sebelum digunakan untuk proses pembelajaran.

Author: Oki Helfiska

I'm Teacher Vocational School in SMK Labor Pekanbaru. I interested in Computer, Networking, Web Design, Blogging and the development of computer education.

5 thoughts on “Persiapan Membuat CD Interaktif

  1. Pingback: Mengenal Macromedia Director | Belajar Komputer

  2. Himawan Jogja

    Masalah pembuatan CDi (CD Interactive) seringkali pd penguasaan lingo & javascript Mac Director. Trus Script Event Handler utk aplikasi CDi kamus scriptnya hrs improve shg kita bingung patennya yg mana. Ditambah lg virus yg pastinya CD Stand Alone Aplication yg diperbanyak kena, plus shockwave movie jg terinfeksi virus & ga jalan. Ada solusi…

    Reply
    1. Oki Helfiska Post author

      Sebenarnya banyak mas aplikasi lain yang menjadi alternatif untuk membuat CDi, seperti captivate, camtasia, ataupun authorware. Tetapikan memiliki kekurangan dan kelebihan masing2. saya menggunakan director ini karena bisa memanfaatkan resource yg ada, seperti gambar, video, music, dll. Jika terhadap gangguan virus memang susah untuk dielakkan, karena cdi ini lebih sering dipaketkan menjadi exe.

      Reply
  3. hasan

    untuk masnya kalau misalnysa punya link tutorial software adobe director tolong kirim ke email saya atau mungkin share disini maklum masih new bie, dan pengen coba bikin interaktif dari adobe director..
    thank’s. ^^

    hasanudin_ryu@yahoo.co.id

    Reply
  4. Himawan Jogja

    Terima kasih Pak Oki jwbannya. Sy jg menggunakan captivate, camtasia, ataupun authorware cuma muara burning ke exe (Stan Alone Project) di Director krn sy membuat CDi tutorial belajar komputer, jd klo pke captivate tdk jernih gambarnya, pke camtasia jernih tp ga bs autoplay di QuickTimenya Director meskipun kita improve script lingo atau javascript tetap ga bs di Pause di playbacknya director. Akhirnya saya bikin playback pke flash baru bisa sesuai keinginan saya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *